Karimunjawa

Sejak 2001, Karimunjawa memiliki nama resmi Taman Nasional Karimunjawa. Daerah kepulauan ini memiliki gugusan 27 pulau kecil. Sebagian besar pulau tersebut berpasir putih. Dari semua pulau itu, hanya lima pulau yang sudah didiami penduduk. Yaitu, Pulau Genting, Pulau Karimunjawa, Pulau Nyamuk, Pulau Kemujan, dan Pulau Parang.  Pulau-pulau favorit yang sering dikunjungi para turis antara lain Pulau Menjangan Besar, Menjangan Kecil, Cemara Kecil, dan Tanjung Gelam.

Kepulauan Karimunjawa menawarkan eksotika wisata air. Terumbu karang di tempat ini masih terawat dengan warna-warna yang menarik. Pastinya, hidupnya terumbu karang ini menjadi arena berkumpulnya beragam ikan. Dengan air yang jernih, kegiatan Anda berenang dan menyelam jadi lebih mengasyikkan. Dasar lautnya saja kelihatan dari luar air. Buat Anda yang doyan memancing, beberapa pulau di Karimunjawa bisa Anda jadikan target sasaran.

Tersebarnya pulau kecil di Karimunjawa ini bisa Anda jelajahi menggunakan perahu nelayan. Waktu tempuhnya tidak lama karena berdekatan satu pulau dengan lainnya. Disediakan pula perahu glass bottom. Dengan perahu ini, Anda bisa melihat dunia bawah laut dari lantai perahu yang dipasang kaca tembus pandang menuju bawah air.

Berkas:Mangrove Karimun Jawa1.JPG

Kepulauan Karimunjawa letaknya di sebelah utara Kota Semarang dan Jepara. Transportasi menuju ke sana bisa Anda tempuh lewat jalur laut dan udara. Untuk perjalanan laut, Anda bisa  menggunakan kapal cepat dari Pelabuhan Tanjung Emas di Semarang dan dari Pelabuhan Kartini di Jepara. Kalau dari Semarang, waktu tempuhnya memakan waktu empat jam jika cuaca baik, dan enam jam jika cuaca buruk. Jika Anda start dari Jepara, waktu tempuhnya sekitar 2,5-3jam.

 

Fasilitas Wisata
 

1.

Daya Tarik Wisata
  Dengan alamnya yang indah dan relatif masih murni, Karimunjawa menawarkan daya tarik wisata
alam yang indah, yaitu wisata bahari dan wisata petualangan alam. Selain alam yang indah, penduduk Karimunjawa yang multietnis membuat kawasan ini pun menarik untuk disimak erbagai keunikan budaya dan tradisinya. Wisata bahari menawarkan berbagai kegiatan wisata dan olahraga yang berhubungan dengan alam kepulauan Karimunjawa. Beberapa aktifitas wisata dan olahraga yang dapat dilakukan di kawasan ini adalah sebagai berikut.
  – Menyelam
Kegiatan ini dapat dilakukan di sebelah utara dan barat pulau Karimunjawa, sebelah timur pulau Menjangan Besar, sekitar pulau Menjangan Kecil, sebelah selatan dan barat pulau Geleang, sebelah barat pulau Bengkoang, sebelah barat pulau parang, sebelah timur pulau Kembar, sekitar pulau Katang, sebelah utara dan timur pulau Krakal Kecil, dan sebelah barat pulau Kumbang.– Snorkling
Aktifitas ini dapat dilakukan di pulau Menjangan Besar dan Menjangan Kecil, sebelah barat pulau Bengkoang, sekitar pulau Kembar, sebelah utara dan timur pulau Krakal Kecil.

– Memancing
Memancing dapat dilakukan di sekitar pulau Menjangan Besar dan Kecil, pulau Menyawakan, pulau Tengah, pulau Kemujan, pulau Parang, sekitar pulau Kembar, dan sebelah barat pulau Bengkoang.

– Berenang
Lokasi yang dapat dipakai untuk melakukan aktifitas ini antara lain di sebelah timur dan selatan pulau Karimunjawa, bagian selatan dan barat pulau Menjangan Kecil, bagian barat pulau Tengah, sekitar pulau Parang, pulau Kembar, dan pulau Kumbang.

– Berjemur
Hampir seluruh pantai di kepulauan Karimunjawa berpasir putih dengan garis pantai yang cukup panjang. Kondisi ini menyebabkan kawasan pantai menjadi kawasan yang cocok untuk melakukan kegiatan berjemur (mandi matahari), bermain pasir, dan menyaksikan keindahan pemandangan matahari terbenam atau terbit.

– Menjelajah laut
Bagi yang tidak dapat berenang dan menyelam, tersedia kapal yang dilengkapi dengan kaca pada bagian bawahnya (glass bottom boat) untuk menyaksikan keindahan bawah laut Karimunjawa.

– Melihat akuarium air laut
Di pulau Menjangan Besar terdapat area yang memiliki fasilitas akuarium air laut. Di sini, kita dapat menikmati keindahan ikan hias dan kehidupan ikan hiu serta ikan-ikan lainnya dengan nuansa khas yang tidak dapat ditemui di tempat lain.

Selain alamnya, faktor penduduk dan tradisinya membuat kepulauan Karimunjawa memiliki daya tarik wisata budaya dan ziarah. Berbagai atraksi budaya terdapat di kawasan ini, seperti reog (kuda lumping), pencak silat, rebana, dan gamelan Jawa. Ada juga atraksi-atraksi yang dilakukan secara rutin oleh masyarakat setempat, misalnya pelepasan penyu, upacara pelepasan perahu, dan khoul sunan Nyamplungan (peringatan satu Suro). Legenda Nyamplungan membuat kawasan ini menarik untuk dikunjungi oleh para peziarah yang ingin mendatangi makam sunan Nyamplungan dan peninggalan-peninggalannya.

 

2.

Cinderamata
    Berbagai macam barang kerajinan yang sebagian besar terbuat dari kayu-kayu langka, seperti
kayu Setigi, kayu Dewadaru, dan kayu Kalimasada merupakan keunikan tersendiri dari kepualauan Karimunjawa. Hasil-hasil kerajinan yang lain berupa tongkat, keris, dan tasbih. Selain hasil kerajinan, di kepulauan ini juga terdapat barang-barang cinderamata lainnya berupa hasil industri rumah tangga, seperti kaus, topi, ikan teri, ikan asin, jenang, makanan olahan dari rumput laut, dan minyak kelapa. Barang-barang kerajinan ini dapat dengan mudah diperoleh di toko-toko penjual barang-barang cinderamata yang berada di pusat kota Karimunjawa.Untuk kerajinan kayu, ada beberapa lokasi sebagai pusat kerajinan kayu sebagai tempat pemesanan, yaitu sebagai berikut :
– Pusat Kerajinan Al Badri, desa Legon Cikmas
– Labiki, jalan Kapuran, pulau Karimunjawa.

http://sidomi.com/8424/wisata-kepulauan-karimunjawa/

http://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Mangrove_Karimun_Jawa1.JPG

http://www.central-java-tourism.com/desa-wisata/in/karimunjawa.htm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s