wisata Jambi

 Pulau Berhala

http://jambitourism.co.id/jambi-tourism-pulau-berhala/


Pulau Berhala Nan Eksotis

Keindahan pulau berhala dengan batu-batu besarnya sepanjang pantai serta batu karang, menjadikan pulau berhala ini sangat cocok untuk digunakan sebagai objek wisata bahari. Dengan hanya menempuh jarak dalam waktu 0.5 jam dari kota Nipah Panjang, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, 1 jam dari desa sungai itik kecamatan sadu, dan 2-3 jam dari suak Kandis –  Nipah Panjang dengan menggunakan Spead Boat tentunya. Apalagi jika didukung dengan cuaca yang baik dan gelombang yang tidak tinggi. Kita asyik dibuai oleh alunan gelombang lembut Ujung Jabung Negri Lamo.

Disini pengunjung tak perlu khawatir dengan penginapan. Tentunya telah disediakan cottage-cottage dengan kekhasan bangunan jambinya. Pengunjung dapat beristirahat dengan nyaman setelah seharian bermain di pulau yang pantainya putih bersih seperti garam ini. Airnya yang jernih menambah keindahan pantai ini apalagi seiirng dengan bunyi desiran ombak di senja hari yang terkadang dapat terlihat beberapa tipe ekosistem laut menjanjikan bagi para pengunjungnya.

Pulau Berhala yang Eksotik

Pulau ini dapat dikembangkan menjadi lokasi wisata bahari, pemancingan, menyelam, berselancar, dan rekreasi laut lainya. Pulau yang kaya akan hutan akar bahar ini menyimpan berbagai jenis terumbu karang (Intertidal Coral Reef dan Karang Tengah) dalam radius  200 M dari bibir pantai yang tidak kurang dari 22 spesies dan jenis ikan karang dapat terlihat dari 11 spesies, bila anda menyelam kesana.

Sebuah mercusuar berdiri kokoh sebagai petunjuk bagi kapal yang melayani selat berhala karena pulau berhala ini di kelilingi oleh gugusan pulau-pulau kecil yang mempunyai asset yang berkembang untuk jambi.

Seperti pada bagian timurnya, mempunyai tebing-tebing batu karang yang cukup curam yang dapat dijadikan objek foto yang indah. Disini juga terdapat makam Datuk Paduko Berhalo, seorang pengembara Islam turunan Turki orang tua dari Rang Kayo Hitam (Raja Jambi). Lihatlah betapa indahnya pantai kita ini Orang Jambi punya. Mengapa kita tidak berkunjung kesana untuk mengikat tali pertalian emosional sosial budaya dan daerah keturunan untuk ikut membantu membangun jambi secara terarah dan berkesinambungan ? mari kita tunjukkan rasa cinta kasih kita terhadap leluhur kita, nenek moyang kita orang jambi dulu.

Apalagi tampak di pulau nan eksotis ini Makam Datuk paduko Berhalo kita yang dapat terlihat dari dermaga ketika kita telah mendarat disana. Tentu penat yang menyerang  akan terobati dengan kekaguman kita akan itu semua.

Taman rimba

http://www.jambi.us/2011/04/taman-rimba-obyek-wisata-kota-jambi.html

Taman Rimba – Obyek Wisata Jambi. Di Propinsi Jambi banyak terdapat tempat-tempat wisata yang cukup menarik dan banyak dikunjungi oleh masyarakat Jambi, diantaranya Taman Rimba.

Taman Rimba terletak di Kecamatan Jambi Selatan yang bersebelahan tepat dengan Bandar udara Sultan Thaha Syaifudin, Luas area Taman Rimba kurang lebih 36 hektar yang sebagian besar ditimbuhi pohon-pohon rindang,aneka flora dan fauna,arena bermain anak,tempat-tempat bersantai dan masih banyak lagi.

Selain sebagai tempat wisata,Taman Rimba juga sering di gunakan sebagai arena racing,tempat rolahraga,pasar malam,outbond bagi anak-anak sekolah.Di Taman Rimba juga terdapat bermacam-macam rumah adat dari berbagai kabupaten di propinsi Jambi.

Muara Jambi

http://murie-cintaindonesia.blogspot.com/2010/11/museum-negeri-jambi-terletak-di.html


Terletak di Desa Muara Jambi, Kecamatan Sekeman, Kabupaten Batanghari 25 kilometer di sebelah timur laut kota Jambi dan dapat dicapai melalui sungai Batanghari dan juga melalui jalur darat. Di kawasan ini terdapat beberapa candi yaitu Astano, Tinggi, Gunung Kembar Batu, Gedong, Kedaton dan Kota Mahligai. Penelitian terhadap peninggalan sejarah dan purbakala di Desa Muara Jambi ini telah dilakukan sejak tahun 1810 sampai tahun 1988. Salah satau temuan arca di Candi Gumpung yaitu arca Prajuaparamita dari zaman Singasari.

Air Terjun Berasap

http://nusantarahoutman.blogspot.com/2010/01/potensi-wisata-jambi-indonesia.html

 

Air Terjun Telun Berasap merupakan obyek wisata alam yang ada di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Air terjun tersebut bersumber dari sungai yang berhulu di Danau Gunung Tujuh yang mengalir melewati tebing terjal dengan ketinggian sekitar 50 m. Orang Jambi menyebutnya Air Terjun Telun Berasap karena besarnya debit air yang turun sehingga menimbulkan “kabut air” di sekelilingnya.

Di balik Air Terjun Telun Berasap, terdapat sebuah goa. Masyarakat setempat tidak berani memasuki goa tersebut karena medannya begitu sulit dilalui. Air terjun yang sangat deras dengan karang yang terjal, menyebabkan gua tersebut tidak pernah dikunjungi oleh masyarakat maupun para wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Air Terjun Telun Berasap.
B. Keistimewaan

Air terjun Telun Barasap menyuguhkan pemandangan yang indah, dengan debit air yang deras sehingga membentuk percikan air yang lembut mirip seperti asap putih atau dikenal juga dengan kabut air. Butiran-butiran uap air yang terbentuk dari kabut air tersebut berwarna indah tatkala disinari cahaya mentari dengan memantulkan kemilau cahaya yang berwarna-warni.

C. Lokasi
Air terjun ini terletak di Desa Telun Berasap, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, Indonesia.

D. Akses
Lokasi dapat ditempuh melalui jalur darat dengan tiga alternatif. Pertama, perjalanan dimulai dari Kota Jambi ke Sungai Penuh dengan jarak sekitar 500 km, sementara waktu tempuhnya selama sekitar 10 jam dengan menggunakan angkutan umum, mobil sewaan atau mobil pribadi.

 

By franchdalaspati Posted in Jambi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s