TAHURA Bukit Barisan

Taman Hutan Raya (TAHURA) Bukit Barisan

Taman Hutan Raya (TAHURA) Bukit Barisan atau dikenal juga dengan nama Taman Nasional Tongkoh terletak di sepanjang jalan Berastagi Tanah Karo. Tahura merupakan kawasan hutan lindung dan kawasan konservasi dengan luas keseluruhan mencapai 51.600 ha yang bertujuan untuk meningkatkan fungsi dan peranan hutan untuk menjaga ekosistem alam di sekitarnya serta sebagai upaya konservasi sumber daya alam.

Kawasan Tahura sebagian besar merupakan hutan lindung berupa hutan alam pegunungan yang didominasi oleh jenis-jenis pohon pegunungan seperti Pinus Merkusii, Altingia exelsa, Schima wallichii, Podocarpus sp, Toona surei dan jenis yang lain seperti Durian, Dadap, Rambutan, Pulai, Aren, Rotan, Pinus caribeae, pinus khasia, Pinus insularis, Eucalyptus sp, Agathis sp, dan lain-lain. Selain itu di kawasan Tahura juga terdapat berbagai jenis fauna seperti Monyet, harimau, siamang, babi hutan, ular, elang, kecil, rusa, treggiling, dan lain-lain.

Tahura merupakan salah satu objek wisata atau tempat wisata andalan Kabupaten Tanah Karo dan banyak dikunjungi oleh wisatawan-wisatawan baik wisatawan dalam negeri maupun wisatawan dari luar negeri. Hal ini dikarenakan suasana objek wisata Tahura yang begitu sejuk, segar, pemandangan alamnya yang indah dimana wisatawan dapat menikmati pemandangan Danau Toba dari kawasan ini. Selain karena suasana dan alamnya, hal lain yang membuat Tahura begitu diminati oleh wisatawan adalah adanya sarana dan prasarana yang cukup memadai di tempat ini.

Akses jalan menuju dan dari kawasan Tahura kondisinya bisa dikatakan cukup baik dan mulus. Selain itu sarana akomodasi atau penginapan mulai dari tingkatan yang paling murah seperti losmen, hotel melati, bungalow, villa sampai dengan hotel berbintang dapat ditemui di sepanjang jalan kawasan Tahura. Restoran, warung makan, pedagang kaki lima yang menjual berbagai macam jajanan khas Sumatera utara juga banyak ditemukan di kawasan ini. Jaraknya yang tidak terlalu jauh dari ibukota Sumatera Utara yaitu Kota Medan juga membuat Tahura ramai dikunjungi oleh wisatawan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s