Air Terjun Aek Martua

http://www.indogetnetworks.com/index.php?option=com_k2&view=item&id=1600:pesona-air-terjun-aek-martua&Itemid=482

Mengunjungi air terjun Aek Martua boleh jadi merupakan kombinasi wisata alam dan budaya. Apa sebabnya?

Di manakah air terjun Aek Martua, air bertuah, berada? Mendengar namanya, mungkin banyak yang menganggap objek wisata ini berlokasi di kawasan Sumatera Utara.

Namun, sesungguhnya Aek Martua berada di Rokan Hulu, Riau. Maka berkunjung ke sana boleh jadi sama dengan mengkombinasikan wisata alam plus budaya sekalian: melihat air terjun dan komunitas Mandailing di sekitarnya hidup di wilayah administrasi yang lebih dikenal sebagai kawasan Melayu Riau. Tak mengherankan jika di samping menjadi tujuan wisata, sekarang Aek Martua telah pula menjadi objek penelitian sebuah Perguruan Tinggi Negeri di Pekanbaru.

Air terjun Aek Martua adalah salah satu wisata unggulan Kabupaten Rokan Hulu, Riau. Namanya diambil dari Aek Martua, sebuah sungai di wilayah Dusun Huta Padang, Kecamatan Bangun Purba, Rokan Hulu. Nama Aek Martua berasal dari bahasa suku Mandailing yang artinya air bertuah. Harap maklum, mayoritas penduduk desa di sekitar air terjun dan hulu sungai ini adalah suku Mandailing.

Sebagaimana namanya, air terjun ini dipercaya dapat membuat awet muda. Namun, lebih dari itu, kawasan di sekitar air terjun ini memang memiliki pesona luar biasa.

Kawasan ini merupakan hulu sungai di wilayah Bukit Simalombu, sebuah bagian dari rangkaian dataran tinggi pegunungan Bukit Barisan. Bukit Simalombu merupakan hutan alam berstatus Taman Hutan Raya dengan potensi ratusan kubik pohon kayu alam.

Di sini pengujung bisa menikmati indahnya pohon-pohon hutan tinggi menjulang, meskipun menjadi incaran para pembalak liar. Tebing-tebing berbatu cadas terjal tampak gagah tegak di sisi air terjun. Dinginnya air Aek Martua yang dangkal namun bersih menambah nyaman suasana, bening belaka laksana air minum dalam kemasan. Pengunjung pun dapat berenang di antara cadas terhampar di sepanjang sungai tanpa perlu khawatir tenggelam.

Sebelum sampai ke yang tertinggi, sekitar 40 meter, para pengunjung dapat lebih dulu menikmati indahnya air terjun lain setinggi empat dan tujuh meter. Di kedua air terjun ini, pengunjung dapat beristirahat sejenak di batu-batu cadas sambil makan-minum sebelum mencapai air terjun tertinggi.

Ada tiga air terjun indah dan spektakuler dengan jarak beberapa puluh meter di kawasan ini, bervariasi mulai ketinggian 15 meter sampai dengan yang tertinggi 40 meter. Air terjun pertama memiliki hamparan batu cukup luas untuk bermain air. Sedangkan air terjun kedua memiliki kolam sekitar 250 m2 untuk mandi. Yang lebih spektakuler adalah air terjun ketiga, tertinggi dan tersulit medannya.

Pada musim liburan dan hari-hari besar keagamaan seperti Lebaran dan Tahun Baru, obyek wisata Aek Martua dipenuhi ribuan pengunjung dari berbagai daerah. Bahkan sejumlah wisatawan mancanegara tampak berbaur dengan pengunjung lokal di sana.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s